Tips Menjalani Kehamilan Menyenangkan dengan Cara Mengontrol Emosi
Blog

Tips Menjalani Kehamilan Menyenangkan dengan Cara Mengontrol Emosi

Hormon kehamilan membuat perubahan pada diri wanita yang bisa menyebabkan berbagai keluhan selama kehamilan. Seiring pertumbuhan janin dalam kandungan, berbagai keluhan kehamilan dirasakan oleh para wanita. Di trimester pertama, ada perubahan yang cukup besar pada psikologi wanita yang sedang mengandung.

Biasanya, wanita hamil menjadi mudah tersinggung dan rewel hanya karena hal-hal kecil. Mereka juga menjadi mudah marah yang tidak hanya membuat rasa tidak enak pada orang-orang yang berada di sekitarnya, tetapi bisa mempengaruhi fisik wanita yang sedang hamil.

Tubuh yang tegang, nafas pendek, dan jantung berdebar cepat adalah beberapa contoh kondisi yang bisa berbahaya jika dibiarkan. Emosi haruslah dikontrol untuk menjaga mental ibu. Selain itu, emosi yang terkontrol juga baik untuk janin.

Tips Menjalani Kehamilan Menyenangkan dengan Cara Mengontrol Emosi
Tips Menjalani Kehamilan Menyenangkan dengan Cara Mengontrol Emosi

Untuk mengontol emosi dan membuat kehamilan menjadi menyenangkan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh ibu hamil:

1. Melakukan hal-hal yang bisa membuat hati senang

Melakukan kegiatan yang menyenangkan bisa menghilangkan rasa mudah marah dan serba salah. Ibu bisa mencari hobi atau kegiatan yang membuat senang seperti menonton film atau menyenangkan diri di salon. Ibu bisa mengajak teman dekat untuk menambah keseruan sehingga mood yang jelek bisa digantikan dengan mood yang baik.

2. Beristirahat dengan cukup

Rasa lelah bisa membuat cepat marah. Oleh karena itu, ibu hamil harus memenuhi waktu istirahat berkualitas yang diperlukan. Dengan istirahat, tubuh akan mengembalikan energi sehingga kebutuhan energi ibu pun terpenuhi. Untuk tidur yang berkualitas, ibu sebaiknya menghindari minum kopi atau minuman ringan pada malam hari yang bisa menyebabkan susah tidur.

3. Memakan makanan sehat dan bergizi

Makanan yang sehat dan bergizi akan membuat tubuh lebih sehat sehingga mengurangi keluhan-keluhan yang biasa dirasakan selama hamil termasuk perubahan emosi. Buah-buahan, sayuran berwarna hijau, dan susu diperlukan oleh tubuh untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu dan janin. Untuk membantu mengatasi perubahan emosi, makanlah coklat yang mempunyai efek menenangkan.

4. Belajar dan melakukan relaksasi

Relaksasi atau penenangan diri sangatlah berguna untuk mengurangi masalah emosi yang terjadi selama kehamilan. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah latihan meditasi dan yoga. Latihan tersebut bisa dilakukan di kelas khusus atau dilakukan di rumah sesuai dengan keinginan.

5. Belajar dan melakukan pengelolaan stress

Mengelola stress bisa dilakukan dengan cara mengalihkan diri ke kegiatan lain yang cukup ringan dan dapat dilakukan di mana saja saat mengalami perubahan emosi. Terapi musik sangatlah baik dilakukan untuk mengelola stress. Carilah musik yang bisa menenangkan sehingga perasaan menjadi lebih baik dan stress pun hilang.

6. Membiasakan diri untuk terbuka dengan suami

Suami adalah orang terdekat yang berbagi banyak hal dengan ibu selama kehamilan. Dengan mengetahui apa yang anda rasakan, suami akan lebih mengerti dan bisa membantu menghadapi perubahan emosi ibu. Oleh karena itu, ibu harus membiasakan diri untuk lebih terbuka dengan suami dan bangunlah komunikasi yang baik. Selain dengan suami, biasakanlah untuk lebih terbuka dengan keluarga dekat lain seperti orang tua.

Jangan sampai perubahan emosi membuat depresi selama kehamilan. Mengandung adalah anugrah yang harus disyukuri dan harus dinikmati. Jika perubahan emosi yang dialami ibu sangatlah berat dan tidak bisa diatasi dengan langkah-langkah diatas, ibu sebaiknya meminta saran dari ahli. Temuilah dokter untuk berkonsultasi. Dukungan dari keluarga sangatlah penting dalam membantu ibu untuk bisa mengontrol emosi dan merasa bahagia selama kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *